Rabu, 01 Januari 2014

PERJALANAN MERIDIAN LIMPA

TAY YIN KAKI LIMPA

Meridian ini dimulai dari ujung ibu jari medial (Yinbai 1) yang kemudian berjalan pada batas antara kulit terang dan gelap pada kaki. Dadu, yang terletak disebelah posterior tubercle dari articulus metatasophalanx 1. Terus melanjutkan kearah depan malleolus medialis. Meridian ini terus berjalan kearah tepi posterior dari tibia dan terus berjalan disebelah medial dari tibia, kemudian menyilang meridian hepar-kaki-jueyin dibagian medial dan superficial sebelum mencapai articulus genu. Di femur, meridian ini terus ke atas berjalan disebelah medio-anterior femur, terus melanjutkan ke region abdomen (4 cun lateral dari linea alba), meridian ini akan beranastomose dengan lambung. Pada perjalanan ke atas akan beranastomose dengan meridian hepar-kaki-jueyin pada titik Qimen. Kemudian meridian ini menembus diaphragm melalui Zhong Fu dari meridian paru-tangan-tayyin, terus menuju leher di trachea, mencapai akar lidah yang kemudian menyebar kea rah bawah. Salah satu cabang meridian ini pada waktu dari lambung masuk ke diaphragm dan akan menyebar kearah jantung.

Hubungan Organ
Dimulai dari limpa dan mempunyai hubungan dengan lambung, jantung, paru-paru dan usus kecil.

Gejala dan tanda-tanda :
Pada meridian ini : Rasa berat pada kepala dan truncus, panas, rasa lemah pada anggota badan, atau nyeri pada mandibula dan pipi, lidah susah bergerak, atropy otot lidah atau extremitas, rasa panas pada lutut, edema pada tungkai bawah dan kaki sering ditemui.
Pada viscera : Nyeri epigastric, diarrhea berlendir dan berair, perut berbunyi, muntah, spleenomegali, nafsu makan menurun atau icterus, kembung dan dysuria.

Indikasi : Region periumbilical : lambung, usus halus dan penyakit pada urogenitalia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar