Minggu, 20 Juli 2014

JAGA LIVER KITA

Hati (liver) merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan memiliki berbagai fungsi, seperti menghasilkan cairan empedu, metabolisme karbohidrat (mengatur kadar gula dalam darah), metabolisme protein, metabolisme lemak, menetralkan dan mengeluarkan bahan-bahan/racun dari darah (detoksifikasi), menghasilkan bahan-bahan yang digunakan untuk pembekuan dan anti pembekuan darah, menyimpan berbagai jenis vitamin seperti A, B12, D, E, dan K. sehingga dapat kita bayankan akibat yang akan timbul apabila terjadi gangguan/kerusakan pada hati kita.

Untuk mengetahui apakah fungsi organ hati (liver) kita masih baik itu tidak mudah, karena kerusakan awal hati tidak begitu terasa. Kelainan pada hati hanya bisa diketahui setelah dilakukan analisis darah seperti SGOT dan SGPT. Jika kerusakan itu telah mencapai ± 80 persen baru akan terasa dan biasanya sudah terlambat untuk diobati.

Perlu diketahui juga bahwa setiap saat, pasti ada sel-sel hati yang rusak akibat kerja hati. Tapi hati mempunyai kemampuan untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Jika kerusakan sel-sel hati lebih cepat daripada regenerasinya maka lambat laun fungsi hati akan menurun karena kekurangan sel yang baik.

Sebagian besar makanan/minuman yang masuk ke dalam tubuh akan melalui sistem pencernaan (lambung dan usus) kemudian dibawa oleh darah ke hati untuk dilakukan proses detoksifikasi dan akhirnya dikeluarkan melalui sistem pencernaan atau ginjal.

Jika hati mengalami gangguan maka proses detoksifikasi dan pengeluaran racun terganggu dan akan timbul berbagai gangguan, seperti kolesterol tinggi, jantung, dan lain-lain.

Hati juga menghasilkan cairan empedu, dimana di dalam cairan empedu sendiri mengandung air, garam empedu, kolesterol dan lemak. Garam-garam empedu sangat diperlukan untuk membantu pencernaan dan penyerapan lemak di usus. Jika fungsi hati terganggu maka pencernaan dan penyerapan lemak terganggu sehingga kolesterol dalam darah meningkat yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan bisa mengakibatkan stroke.

Begitu pentingnya fungsi hati sehingga kita harus memeliharanya agar tetap berfungsi dengan baik dan kehidupan kita sehat, lancar serta bermanfaat buat sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar