Rabu, 08 April 2015

DAHSYATNYA TITIK HE GU (LI-4)

HE GU mempunyai arti sebagaimana penjelasan berikut, He yaitu persimpangan jalan; Gu, lembah. Ada yang mengartikan dengan “Tengah Lembah”. Titik ini terletak di antara tulang metakarpal pertama dan kedua, pada lubang seperti sebuah lembah.

Hegu merupakan salah satu titik yang termasuk kedalam meredian Yangming Usus Besar yang mana dimulai dari ujung jari telunjuk sampai diantara pertemuan tulang metakarpal 1 dan 2, ke atas masuk ke dalam lekukan tendon M ekstensor posisi longus dan brevis, berjalan terus sisi radial lengan bawah sampai di lateral sudut lipat siku, berjalan lagi menyusuri tepi lateral lengan atas menuju bahu lalu berjalan ke belakang berjumpa dengan meridian-meridian yang di titik Dazhui (GV-14), kembali Lagi ke daerah supraklafikular menembus ke dalam berhubungan dengan Paru-Paru dan menembus diafragma tiba pada Usus Besar.

Hegu adalah titik yang sangat umum digunakan, karena memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu titik yang masuk dalam 12 titik Heavelny star karena memiliki banyak manfaat. titik hegu  ini berguna untuk setiap kondisi yang berhubungan dengan wajah dan kepala. Ini juga berguna untuk kondisi angin-Panas (flu). Hegu (LI-4) dikenal sebagai titik nyeri di tubuh. Di mana saja ada rasa sakit, gunakan LI-4. Hegu mempunyai sifat: mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan Qi paru-paru, melancarkan Qi Usus Besar dan Lambung. Sebaiknya titik Hegu untuk tusuk jarum tidak digunakan kepada wanita yang sedang hamil jika dalam metode BU (tonifikasi) sedangkan dalam metode Shi (sedasi) Boleh dan di perkenankan.

Teknik penggunaan secara praktis pada titik Hegu bisa dilakukan dengan mencubit dengan kuku, memijat, mencubit, menggosok. Kalau menggunakan jarum akupunktur bisa ditusukkan tegak lurus sedalam 0,5 – 0.8 cun. Cun adalah sekitar 33 mm jadi sekitar 1,6 cm lebih.

Lokasi Titik ini terletak antara 1 dan 2 tulang metakarpal. Hal ini dapat ditemukan dengan mengikuti tiga metode:
1.  Buka lalu regangkan ibu jari dan jari telunjuk, lalu meletakkan lipatan transversal dari ibu jari satu tangan di titik tengah margin diperpanjang antara ibu jari dan jari telunjuk yang lain. Tempat yang ujung jempol meluas adalah Hegu (Usus Besar LI4).
2.  Lipatan tegak lurus 2.A akan muncul jika ibu jari dan indeks jari-diperketat, bersama yang ada proses berotot. Intinya adalah di atas tingkat otot dengan ujung lipatan tegak lurus.
3.  Dengan ibu jari jari telunjuk terpisah, titik akan setengah jalan sepanjang garis yang menghubungkan gabungan dari 1 dan 2 tulang metakarpal dan titik tengah margin antara ibu jari dan jari telunjuk.

Indikasi untuk titik Akupunktur Hegu :
1.      Sakit kepala depan dan samping,
2.      Sakit tenggorokan,
3.      Mata merah bengkak,
4.      Mimisan,
5.      Sakit gigi,
6.      Bengkak muka,
7.      Lumpuh,
8.      Bayi mencret,
9.      Kaki tangan kejang,
10.  Sakit panas tak keluar keringat,
11.  Haid tak datang,
12.  Kesulitan melahirkan,
13.  Buang air besar susah. dll

Berbagai fungsi titik Hegu (Li-4) sebagai berikut :
1.    LI-4 juga berpengaruh kuat dan langsung pada wajah, sehingga dalam hal serbuan faktor penyebab penyakit luar, ia digunakan untuk menghilangkan sumbatan hidung, bersin, mata terasa terbakar dan sebagainya.
2.    LI-4 mengatur pengeluaran keringat dan qi pertahanan yang terdapat diantara kulit dan otot, sehingga ia dapat digunakan untuk menghentikan sekaligus meningkatkan pengeluaran keringat karena serbuan faktor penyebab penyakit luar angin. Untuk meningkatkan pengeluaran keringatLI-4 ditonifikasi dan KI-7 Fuliu dikeringkan (sedasi). Sedangkan untuk menghentikan pengeluaran keringat dilakukan hal yang sebaliknya, LI-4 disedasi dan KI-7ditonifikasi.
3.    LI-4 juga menstimulasi penyebaran qi Paru-paru, yang menjelaskan aksi (peranan) kuatnya dalam mengeluarkan faktor penyebab penyakit luar dan angin, sehingga ia digunakan untuk gejala-gejala (simptom) dan tanda-tanda seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, leher kaku, tidak suka (benci) dingin dan nadi mengambang (yaitu tahap awal dari common cold, influenza, atau penyakit-penyakit karena faktor penyebab penyakit luar lainnya). Karena titik ini menstimulasi penyebaran qi Paru-paru, membuatnya bermanfaat untuk menghilangkan gejala-gejala allergic rhinitis.
4.    LI-4 memiliki aksi (peranan) sebagai penenang dan antispasmodic yang sangat kuat, sehingga digunakan dalam banyak kondisi yang menyakitkan, baik pada meridian dan jugaorgan, khususnya pada Lambung, Usus dan Uterus.
5.    LI-4 secara luas digunakan sebagai titik distal pada sindrom gangguan nyeri pada tangan atau bahu, karena ia menghilangkan gangguan dari meridian. Karena Hegu memiliki pengaruh langsung yang kuat pada wajah dan mata, telinga, hidung dan mulut, ia seringkali digunakan sebagai titik distal ketika mengobati masalah-masalah pada wajah, termasuk mulut, hidung, telinga dan mata, misalnya allergic rhinitis, conjunctivitis, mouth ulcers (borok mulut), styes, sinusitis, mimisan, sakit gigi, trigeminal neuralgia, facial paralysis, sakit kepala bagian frontal.
6.    LI-4 adalah sebuah titik distal yang penting untuk masalah-masalah wajah seperti penyimpangan mata dan mulut yang mengikuti serangan anginperipheral facial paralysisdan trigeminal neuralgia.
7.    LI-4 terkadang dikombinasikan dengan LR-3 Taichong (kombinasi ini disebut the ‘Four Gates’), untuk mengeluarkan Angin dalam ataupun luar dari kepala, menghentikan nyeri dan menenangkan pikiran.
8.    LI-4 memiliki pengaruh yang kuat pada pikiran dan dapat digunakan untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan, terutama jika dikombinasikan dengan LR-3 Taichong dan dengan Du-24 Shenting dan GB-13 Benshen. Meskipun jarang digunakan dalam cara ini LI-4 lebih banyak digunakan sebagai titik tonifikasi daripada kegunaan umumnya sebagai titik sedasi. Dikombinasikan dengan titik-titik yang lain, ia dapat menguatkan Qi dan mengkonsolidasikan Faktor Patogen Luar (yaitu memperkuat Qi Pertahanan). Supaya dapat melakukan hal ini, LI-4 dikombinasikan dengan ST-36 Zusanli dan Ren-6 Qihai. Pengobatan ini dapat digunakan untuk allergic rhinitis yang kronis karena defisiensi Qi Paru-paru dan kelemahan lapisan energi luar (yaitu Qi Pertahanan), yang membuat seseorang mudah mendapat serangan Angin yang kronis. Pengobatan ini hanya cocok dilakukan diantara serangan untuk memperkuat Qi dan Faktor Patogen Luar agar memperkuat Qi Pertahanan untuk memukul mundur Angin
9.    LI-4 dapat menyeimbangkan menaiknya Yang dan menurunnya Yin. Artinya LI-4 dapat digunakan untuk melemahkan penentangan Qi menaik (seperti menaiknya Qi Lambung, Qi Paru-paru, Qi Hati) atau untuk mengangkat Qi ketika Qi tenggelam (seperti tenggelamnya Qi Limpa). Jadi, pada kasus yang dahulu, ia dapat digunakan untuk melemahkan Qi Lambung dalam nyeri epigastrik, terangkat/naiknya Yang Hati dalam migrain(khususnya dikombinasikan dengan LR-3 Taichong) atau Qi Paru-paru dalam asma. Pada kasus yang belakangan, ia digunakan untuk mengangkat Qi Limpa, khususnya dikombinasikan dengan Ren-6 Qihai. Bagaimanapun, penggunaan terakhir ini tidak umum. Akhirnya LI-4 merupakan titik empiris untuk meningkatkan kelahiran selama proses persalinan, karena itu Li-4 konraindikasi pada kehamilan.

Bagi anda yang belum pernah melakukan akupunktur, atau bahkan anda bingung mencari klinik akupunktur yang masih langka dari tempat anda bertempat tinggal. anda bisa melakukannya dengan cara pemijitan atau biasa disebut akupressure.

Caranya sangat gampang karena dulu saya selalu  melakukannya untuk mengurangi nyeri sakit gigi yang saya derita. dan jika ditanyakan khasiatnya, hhmhhh lumayan efektif untuk mengurangi nyeri. Anda bisa melihat gambar dibawah ini :

Dengan tips ini Anda dapat melakukannya sendiri dengan santai dan tak begitu ribet karena tak butuh alat-alat lainnya selain kedua tangan anda yang mampu bekerja sama.

Anda bisa memijit titik Hegu tersebut sampai nyeri pada gigi atau kepala anda terasa cukup membaik hingga menghilang . SELAMAT MENCOBA .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar