Senin, 27 April 2015

AKUPUNKTUR MEMBANTU RELAKSASI SYARAF KEJEPIT

Sudah menjadi hal yang jamak diketahui masyarakat,  bahwa terapi akupunktur memang merupakan salah satu terapi alternatif yang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup signifikan dalam penyembuhan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf, peredaran darah serta sistem endokrin tubuh. Salah satu jenis gangguan kesehatan yang menyerang sistem syaraf adalahsyaraf terjepit yang lazimnya dilakukan tindakan bedah untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Namun demikian, bagi mereka yang enggan melakukan tindakan bedah, terapi akupunktur membantu relaksasi syaraf terjepit sepertinya bisa dijadikan pertimbangan.Apa saja jenis dan macam terapinya?

Jenis dan Macam
Berikut beberapa jenis dan macam teknik terapi akupunktur membantu relaksasi syaraf terjepit sebagaimana diolah dari berbagai sumber dan literature :

Osteopuncture
Osteopuncture atau akupunktur tulang, merupakan salah satu teknikterapi akupunktur dengan menggunakan jarum khusus yang ditusukkan pada selaput luar tulang atau periosteum yang kaya akan jaringan syaraf. Menurut salah satu praktisiakupunktur yang berpengalaman, dikatakan bahwa osteopuncture ini bisa dikombinasikan menggunakan electropuncture dengan tegangan listrik yang rendah. Hal ini bertujuan untuk memberikan rangsang atau impuls listrik pada area syaraf yang terjepit agar syaraf kembali berfungsi secara optinmal.

Sonopuncture
Sonopuncture atau akupunktur suara, berguna untuk memberikan stimulasi pada area syaraf tertentu yang terjepit, sehingga menghilangkan rasa nyeri dan ngilu akibat terjepitnya syaraf tertentu. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa teknik ini tidak menggunakan jarum yang ditancapkan pada kulit tubuh sebagaimana lazimnya, namun cukup dengan mengarahkan gelombang suara pada area refleksi atau meridian tertentu yang terasa nyeri akibat syaraf terjepit, misalnya pada ruas tulang punggung.

Electropuncture
Electropuncture juga dikenal dengan sebutan terapi akupunktur listrik, menggunakan jarum yang dialiri listrik tegangan rendah. Menurut beberapa pasien yang pernah mencoba terapi ini, aliran listrik tegangan rendah yang dialirkan lewat jarum khusus tersebut, mampu memberikan stimulasi yang membantu meringankan daerah yang terasa nyeri, seperti sakit kepala, kesemutan, hingga rasa nyeri yang dipicu oleh syaraf yang terjepit. Namun demikian, terapi ini hendaknya dilakukan oleh ahli yang berpengalaman agar pengobatan ini tepat sasaran.

Demikianlah beberapa jenis dan macam teknik terapi akupunktur untuk relaksasi syaraf terjepit yang bisa dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar