Senin, 17 Desember 2012

MERAWAT KESEHATAN DENGAN AKUPUNKTUR



Perawatan kesehatan dengan akupunktur dapat membangkitkan energi meridian, sehingga metabolisme tubuh manusia dapat aktif kembali, menyehatkan tubuh dan memperpanjang umur
Rakyat Tiongkok kuno sejak dahulu telah menggunakan terapi akupunktur sebagai pemeliharaan kesehatan dan menyehatkan tuguh. Dalam “Kitab Intern Kaisar Kuning,” bagi dokter akupunktur yang menguasai teknik perawatan kesehatan diberikan penilaian yang sangat tinggi karya–karya tentang kesehatan pada Dinasti Tang, Song, maupun Ming, semuanya terdapat banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang pemeliharaan kesehatan dengan akupunktur.
Yang dimaksud perawatan kesehatan dengan akupunktur yaitu menggunakan jarum yang sangat halus ditusukkan secara tepat ke titik akupunktur tubuh manusia, untuk membangkitkan energi meridian, sehingga metabolisme tubuh manusia aktif kembali, dengan demikian mencapai tujuan untuk kesehatan tubuh dan memperpanjang umur. Terapi pemeliharaan kesehatan ini meskipun pada dasarnya sama dengan pengobatan akupunktur, namun titik tolaknya berbeda, pengobatan akupunktur adalah menitikberatkan pada perbaikan Yin-Yang dan peredaran energi dari darah tubuh yang tidak seimbang, terlalu aktif atau terlalu lemah, sedangkan akupunktur pemeliharaan kesehatan menitikberatkan pada kesehatan tubuh, meningkatkan kemampuan metabolisme organis, tujuannya untuk memelihara kesehatan mencapai usia panjang. Oleh karena itu, dalam metode penusukan intensitas rangsangannya harus sedang, pengambilan titik akupunktur tidak boleh banyak, lagi pula harus memilih penguat sebagi utama.
Metode terapi akupunktur moxibusi untuk pemeliharaan kesehatan adalah salah satu terapi pemeliharaan kesehatan Tionggkok yang unik. Yang disebut dengan metode terapi moxibusi untuk pemeliharaan kesehatan adalah menggunakan moxa menghangati beberapa titik tertentu tubuh manusia untuk mencapai tujuan pelancaran energi dan darah pelancaran saluran meridian, pemeliharaan organ dalam memperpanjang umur. Dalam buku “Dasar Ilmu Kedokteran” menyebutkan: “Bahwa obat tidak bisa menjangkaunya, dan akupunktur tidak bisa mencapainya, harus menggunakan moxibusi” ini menunjukkan bahwa moxibusi dapat mencapai fungsi yang kadang tidak dapat dicapai oleh akupunktur maupun obat-obatan. Mengenai fungsi metode moxibusi terhadap pemeliharaan kesehatan, sejak dulu dalam buku “Catatan Pengalaman Pian Qie” sudah ada catatan yang sangat jelas: “Manusia, saat tidak ada penyakit, sering melakukan moxibusi pada titik akupunktur Guan Yen, Qi Hai, Ming Men --walau tidak dapat panjang umur tapi dapat juga mencapai lebih dari seratus tahun.”

Pengobatan Akupunktur Telinga

Seperti diketahui, akupunktur dapat mengobati penyakit akut. Kenyataannya, banyak pasien yang datang mencari dokter karena penyakit akut, seperti keseleo pada pinggang, step, kejang-kejang, pingsan kepanasan, migren, sakit gigi dsb. Ini adalah penyakit-penyakit serius, yang membutuhkan penanganan secara cepat dan tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Pasien sangat kesakitan sehingga mereka perlu mendatangi dokter.
Di sini akan ditunjukkan contoh tentang pengobatan dengan pendarahan pada ujung telinga. Itu akan membuat pasien yang panas tinggi kembali normal dalam 5 menit. Hal ini sangat mengejutkan keluarganya. Bagaimana mungkin akupunktur dapat mencapai hasil yang begitu cepat? Karena pendarahan di telinga hanyalah seperti membuka sebuah jendela; pergantian udara segar dan melepaskan gas beracun yang panas dan lembab dari dalam tubuh. Telinga tidak terlihat istimewa, tapi hubungannya dengan organ tubuh sangat penting. Karena berhubungan dengan pekerjaan, maka penulis selalu memperhatikan pada telinga. Kadang-kadang terlalu konsentrasi pada telinga seseorang sampai-sampai lupa mendengar perkataan mereka. Telinga manusia seperti sebuah ruang pameran, yang memperlihatkan segalanya, seperti kondisi sebenarnya mengenai organ dalam jantung, hati, limpa, paru-paru, ginjal, jiwa dan sejarah seseorang. Penulis mendapat pandangan yang luas hanya dengan melihat sekilas, tidak perlu bertanya kepada pasien lagi. Itu hanya memberitahu, apakah si penderita telah menceritakan segalanya.
Pembagian titik akupunktur pada daun telinga seperti embrio yang terbalik dengan kepala di bawah dan pantat di atas. Bagai bagian berelevansi dengan titik di telinga. Jadi tidak mengejutkan untuk melihat perubahan patologi setiap bagian tubuh melalui telinga. Contohnya, sebuah kerutan miring pada lobulus telinga dapat terlihat pada orang yang menderita serangan jantung, penderita kanker hati, terlihat pada zona hati ada sebuah lingkungan cekung, seseorang dengan sakit jiwa memiliki lekukan di puncak telinga. Tidak diragukan lagi, bahkan kehilangan sebuah gigi pun akan terlihat di telinga.
Daun telinga adalah sebuah dunia mikro yang unik yang dapat memperlihatkan informasi lengkap seluruh tubuh. Dua belas saluran Yin dan Yang tubuh manusia berada di tangan dan di kaki semua sampai telinga baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada “Bab Pertanyaan Lisan Lingshu” –sebuah buku kuno tentang pengobatan mengatakan: “Semua saluran energi berkumpul di telinga.” Pada “Bab Esai Kata-kata Sejati Cinkui Suwen” dikatakan: “Merah dari selatan masuk ke jantung, berhubungan dengan dunia luar melalui telinga, menyimpan saripati di jantung.” Jadi dapat kita katakan keadaan fisik bawaan seseorang dapat terlihat dari warna, tinggi rendah posisinya, ketebalannya, bentuk pipih atau bulat, dan kekerasan telinga. Kita bahkan mengatakan patologi setelah lahir dapat diketahui dari bentuk dan corak telinganya.
Jadi, bagaimana kita dapat menilai kuat dan lemahnya organ dalam dengan mengamati warna, bentuk dan ketebalan telinga? Pada “Bab tentang Organ Lingshu” dikatakan, “Jika telinga tersebut hitam dan kecil, maka ginjalnya kecil. Jika telinganya tebal, maka ginjalnya besar. Jika telinganya panjang, maka ginjalnya juga panjang. Jika telinganya cekung ke belakang, ginjalnya rendah. Jika telinganya kokoh, maka ginjalnya kuat. Jika telinganya tipis, maka ginjalnya lemah. Jika ginjalnya kecil, maka aman dan tidak mudah terluka. Jika ginjalnya kuat, maka tidak mudah sakit. Jika ginjalnya besar, besar berarti lemah, ginjal yang lemah menyebabkan ketulian atau tinitus (telinga berdengung).
Kita mungkin tidak tahu bahwa salah satu dari karakteristik utama dalam pengobatan akupunktur telinga adalah menghilangkan rasa nyeri. Suatu hari, ada seorang pasien yang sakit gigi menemui penulis. Dia berkata, “Dokter, uang yang sudah saya habiskan untuk dokter gigi beberapa tahun belakangan ini bisa untuk membeli rumah….” Sesudah salah satu titik telinga dirawat, rasa sakitnya hilang dan dia tidak pernah sakit gigi lagi.
(Sumber: dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. Saya melihat sendiri manfaat akupuntur meridien sytle, hasil rata-rata dapat dilihat saat terapi, pasien cukup puas dengan terapi akupuntur

    BalasHapus
  2. Ini memang tergantung pilihan kita, apakah kita memilih pengobatan yang kimia atau alami seperti akupunktur ini...

    BalasHapus