Senin, 17 Desember 2012

PERBEDAAN AKUPUNKTUR DAN AKUPRESURE


6 Perbedaan antara Akupunktur dengan Akupresure


Dua diantara pendekatan holistik paling populer untuk mengobati berbagai penyakit dan kondisi seperti arthritis, alergi, migrain, dan kram menstruasi adalah akupunktur dan akupresur.
Dua metode ini bekerja dengan memperlancar aliran chi atau qi dalam tubuh.
Aliran chi yang lancar membantu tubuh mempertahankan kesehatannya.
Akupunktur dan akupresur berfokus pada harmonisasi aliran chi dengan merangsang meridian yang membawa energi ini ke seluruh tubuh.
Perbedaan Akupunktur dengan Akupresure
Keduanya adalah bentuk pengobatan Cina yang telah digunakan sejak zaman kuno, yang berprinsip pada stimulasi meridian dalam tubuh.
Berikut adalah perbedaan antara akupunktur dan akupresur
Akupunktur
1. Akupunktur, atau Zhen Jiu adalah praktek merangsang meridian dalam tubuh dengan menggunakan jarum.
2. Jarum yang digunakan dalam praktek akupunktur ditusukkan pada kulit di berbagai titik akupunktur yang berbeda.
3. Jarum harus ditusukkan ke titik-titik akupunktur secara tepat. Pemilihan lokasi yang salah tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan bahkan malah membahayakan.
4. Karena memerlukan tingkat presisi tinggi, dibutuhkan praktek tahunan hingga seseorang bisa menjadi terapis akupunktur yang handal.
5. Terdapat resiko penularan penyakit seperti HIV atau hepatitis jika terapis menggunakan jarum tidak steril atau telah digunakan oleh pasien lain.
6. Jika dilakukan dengan tepat, efek akupunktur biasanya akan bertahan dalam jangka panjang.
Akupresure
1. Akupresure, atau Zhi Ya memiliki prinsip yang sama dengan akupunktur yaitu merangsang meridian. Bedanya, akupresure tidak menggunakan jarum, melainkan jari-jari terapis.
2. Dalam praktek akupresure, terapis menekan titik tertentu dari tubuh pasien menggunakan jari atau siku.
3. Akupresure, jika dibandingkan dengan akupunktur, mencakup daerah tubuh yang lebih luas. Selain itu, akupresur tidak memerlukan presisi tinggi sebagaimana dibutuhkan akupunktur.
4. Akupresure lebih mudah dipelajari dibandingkan akupunktur. Bahkan orang awam sekalipun bisa mempelajari akupresur dalam waktu relatif singkat.
5. Karena tidak melibatkan alat atau jarum, akupresure memiliki resiko lebih rendah dibandingkan akupunktur.
6. Dibandingkan akupunktur, efek pengobatan akupresure akan berlangsung lebih singkat sehingga diperlukan pengulangan lebih sering.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar