Sabtu, 27 Juli 2013

MAKNA TIDUR UNTUK KESEHATAN

Gambar

Kita semua tahu bahwa Tuhan menciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk tidur (istirahat). Kerapkali banyak diantara kita yang melawan ketentuan hukum alam, seperti bekerja di malam hari dan tidur di siang hari. Kebanyakan mereka menganggap yang penting jumlah tidurnya tidak kurang dari 8 jam/hari, padahal kualitas tidur jauh lebih penting daripada jumlah jam/lamanya tidur. Tidak akan pernah sama kualitas tidur di malam hari dengan tidur di siang hari walaupun jumlah jam tidurnya sama. Perlu disadari bahwa perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya dilakukan kala tidur. Karena itu, apabila kita sering kurang tidur atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat stabilitas daya tahan tubuh kita akan terganggu dan penyakit mudah muncul.


Seorang pemimpin perusahaan yang sering kurang tidur, akan kurang bijak dalam memimpin perusahaannya atau mengontrol para pegawainya karena kualitas fisik, mental dan emosional sangat dipengaruhi oleh baik tidaknya kualitas tidurnya. Begitu pula, hal itu berlaku untuk setiap orang dengan profesi apa pun. Kesimpulannya, kualitas kerja sangat bergantung pada kualitas tidur setiap orang, apakah ia seorang pelajar, guru, petani, atau pengusaha. Setiap orang harus belajar mengoptimalkan kualitas tidurnya kalau ia mau mencapai sukses lebih baik.

BAGAIMANA MENGOPTIMALKAN KUALITAS TIDUR KITA?

Banyak orang berusaha memperbaiki kualitas tidur dengan cara yang salah, seperti makan berbagai obat tidur (baik obat tradisional maupun obat kimia sintetis lewat resep dokter). Mereka tidak menyadari bahwa obat tidur terkadang hanya bisa membantu sementara waktu, tapi tidak Gambaruntuk memperbaiki kualitas tidur. Dibawah ini tips alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur Anda :

  • Lakukan olahraga secara teratur minimal 2 hari 1x dengan target bisa berkeringat. Bila Anda sering sulit tidur, lakukan kegiatan ini pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk di malam harinya untuk memudahkan rasa kantuk.
  • Hindari minum banyak menjelang tidur, tapi minumlah dua atau empat jam sebelum tidur, agar ketika tidur tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil di malam hari.
  • Hindari makan padat pada malam hari. Sebaiknya empat jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Kalau menjelang tidur masih terasa lapar, sebaiknya makan buah-buahan saja. Kebiasaan makan pada menjelang tidur, akan mengganggu kualitas tidur, dan pengolahan makanan pun tidak bisa diolah dengan baik ketika waktu tidur. Karena ketika tubuh istirahat di malam hari, yang seharusnya energy tubuh dipakai maksimal untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak, ia justru tidak melakukannya secara maksimal karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Akibatnya kita sering merasa tidur selalu tidak segar ketika bangun. Malah badan terasa pegal-pegal.
  • Selalu berdoa dan mengakhiri aktivitas kita dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh kita tersenyum walaupun Cuma beberapa saat menjelang tidur. Hal itu akan memperbaiki kualitas tidur kita.


Sumber : Tubuh anda adalah dokter yang terbaik (Dr. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar